Thursday, February 2, 2017

Cara Mengatasi Tinta Yang Tidak Keluar Pada Printer Epson

Cara saya ini adalah salah satu alternative dari banyak cara dari rekan rekan yang punya solusi dalam mengatasi tinta yang tidak keluar pada printer Epson. Penyebab yang mengakibatkan tinta tidak bisa keluar ini juga bermacam macam,  yang saya ketahui adalah disebabkan adanya masalah pada :
1. Head
2. Tinta yang menggumpal pada Head
3. Kebocoran selang Infus
4. Tabung Infus yang tertutup
5. Tinta Habis




Solusi saya kali ini mengatasi tinta yang tidak bisa keluar/keluar tapi tidak sempurna disebabkan karena tinta yang mengendap/menggumpal meskipun di cleaning berulang-ulang pada printer Epson. Sebelum saya lanjutkan perlu juga rekan-rekan ketahui penyebab dari tinta yang menggumpal/mengendap biasanya disebakan karena Sirkulasi tinta yang tidak lancar (Printer jarang digunakan) dan kualitas tinta itu sendiri yang kurang bagus. Jadi untuk menghindari endapan/gumpalan tinta alangkah baiknya printer dihidupkan setiap hari meskipun kita tidak mau ngeprint tapi setidaknya dengan menghidupkan printer setiap hari secara rutin,  tinta baru akan mengalir menggantikan tinta yang ada pada catridge dan head/nozzle. Gunakanlah tinta yang bermutu baik disini saya tidak bisa menyebutkan merk tinta yang bermutu tersebut tapi anda sendirilah yang menentukan tinta yang akan anda gunakan.
Baik kita sekarang kembali ke solusi mengAKALI tinta yang tidak bisa keluar/keluar tapi tidak sempurna disebabkan karena tinta yang mengendap/menggumpal meskipun di cleaning berulang-ulang.
Siapkan alat-alatnya :
1. Suntikan
2. Selang
Selang yang lunak dengan diameter lubang seukuran head, bisa menggunakan bekas pembuangan tinta printer Tapi selang yang sekarang saya gunakan adalah "selang bensin untuk sepeda motor" itu bisa juga digunakan sebagai selang alternatif.
3.Cairan Pembersih Tinta (Kalau Saya Pakainya Cairan Pembersih Kaca).
 Cairan pembersih tinta bisa dibeli di toko printer atau toko yang menjual tinta printer tapi bagi saya,..... heheheh cairan pembersih tinta yang di toko lumayan mahal jadi saya pakai cairan pembersih kaca saja hahahha... toh berhasil juga... hihihihihiii.. langsung ke pokok permasalahan.

 Perhatikan gambar tersebut, tahan dengan ujung jari pada ujung selang yang menancap pada head agar tidak lepas, doronglah cairan dalam suntikan tersebut perlahan jangan terlalu keras atau memaksakan karena bisa merusak head. Diamkan sekitar 30 detik, kemudian dorong kembali seperti tadi anda lakukan. Kalau anda rasa cairan yang ada dalam suntikan sudah masuk pada head lakukan kebalikanya kalau tadi anda mendorong cairan kedalam head sekarang menyedot, sedot cairan dalam head tadi. fungsinya untuk mengangkat tinta yang menggumpal yang sekarang sudah encer kedalam suntikan kemudian cabut selang & suntikan,  buang cairan dalam suntikan kemudian isi cairan baru, Lalu masukan lagi ujung selang ke ujung head dan lakukan seperti proses Awal.
Setelah itu pasang catridge lalu lakukan proses check Nozzle. Insya Allah sekarang tinta yang keluar normal.
 Itulah Solusi versi saya dalam mengatasi head yang mampet di akibatkan menggumpalnya tinta dalam head. Semoga solusi yang sederhana ini  bisa menjadi berguna bagi rekan yang membutuhkanya.


EmoticonEmoticon